Headlines

TNI bersama Masyarakat Pegunungan Salem Brebes Buat Tanggul Penahan Tanah


targetoperasi.com - Puluhan masyarakat di pegunungan Salem melaksanakan gugur gunung dalam upaya mitigasi terhadap longsor pada musim penghujan Oktober 2018 - dan April 2019.

Mitigasi ini pada prinsipnya bertujuan untuk meminimalkan dampak korban dan kerugian fisik dari bencana tersebut.

Tampak penduduk Dusun Cikulur dan Cipanis Desa Bentarsari Kecamatan Salem membuat Tanggul Penahan Tanah (TPT) sepanjang 50 meter dengan tinggi 2 meter pada titik tebing yang rawan longsor menuju Cikulur.

Pekerjaan TPT ini dimulai pada Sabtu (8/12) ini, dipimpin Kadus 3 Bentarsari, Kadus Cikulur, Runta S.Pd, bersama Babinsa Bentarsari Koramil 13 Salem Kodim 0713 Brebes Serda Wisrad.

"Terkait dana yang digunakan untuk Tanggul Penahan Tanah tersebut bersumber murni dari swadaya masyarakat setempat", ungkap Kadus Rutan.

Pembangunan talud tersebut diharapkan nantinya dapat berguna untuk meminimalisir bahaya longsor menjelang musim penghujan yang biasanya dimulai pada bulan November.

Melalui tanah yang merekah,  air akan masuk dan terakumulasi di bagian dasar lereng, sehingga menimbulkan gerakan lateral sehingga memicu bencana. TPT bertujuan mengawetkan jalan akibat beban pergeseran tebing.

Proses terjadinya tanah longsor diawali oleh air yang meresap ke dalam tanah sehingga akan menambah bobot tanah, Jika air hujan menembus sampai tanah kedap air yang berperan sebagai bidang gelincir, maka tanah menjadi licin dan terjadi pelapukan di atasnya.

Hingga akhirnya akan bergerak mengikuti dan keluar lereng, sehingga longsor pun terjadi.

"Saya bersama Babinsa dan warga, berupaya melakukan mitigasi agar kejadian bencana longsor nasional seperti pertengahan Februari 2018 lalu tidak terjadi di Cikulur", jelas  Kadus kepada awak media. (fendi/abah)

Targetoperasi.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.