Headlines

Upacara Penutupan Pendidikan dan Pelantikan Perwira Sekolah Inspektur Polisi ke-49 TA.2020 Masuk Rekor MURI

 


(TO - Sukabumi) - Upacara penutupan pendidikan, pelantikan dan pengambilan Sumpah Perwira bagi lulusan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) Angkatan ke 49 tahun 2020 dilaksanakan terpusat di Lapangan Soetadi Ronodipuro Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi dengan Inspektur Upacara Kalemdiklat Polri Komjen Pol. Drs. Arief Sulistyanto, M.Si. dan disiarkan secara vurtual ke jajaran Polda dan SPN se-Indonesia, Senin (28/09/2020).


Rangkaian kegiatan upacara kali ini berbeda dengan tahun -tahun sebelumnya dengan menghadirkan semua perserta didik yang dilantik, kali ini hanya dihadiri oleh 422 perwakilan peserta didik asal pengiriman Mabes Polri, Polda Metro Jaya, Papua dan Papua Barat, sementara Perwira yabg dilantik lainnya mengikuti upacara secara virtual serentak di SPN Polda.

Dalam amanatnya,  Inspektur Upacara menyampaikan bahwa proses pendidikan SIP angkatan ke 49 dilaksanakan dalam masa pandemi global yang telah melalui satu dinamika yang berbeda dengan tahun- tahun sebelumnya. 

Kita telah melakukan modifikasi metode dan pola pembelajaran untuk menjaga kualitas keberlangsungan proses pendidikan ini, alhamdulillah semua proses berjalan lancar, ungkap Komjen Pol Arief Sulistyanto. 

Dengan penutupan pendidikan dan pelantikan menjadi Perwira, merupakan wujud dan bukti legalitas dan legitimitas untuk menyandang pangkat sebagai Perwira Pertama Polri. 
Semua proses yang telah dilalui hendaknya menjadi bekal dalam pelaksanaan tugas sebagai first line supervisor, penyelia tingkat pertama dikesatuan masing- masing nantinya. 

Atas nama pimpinan Polri, Inspektur Upacara menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan menjadi Perwira Polri kepada para Perwira beserta keluarga.

Setelah pelantikan ini, para Perwira akan ditempatkan dan kembali ke kesatuan baru, diharapkan senantiasa memegang teguh sumpah jabatan dan sumpah Perwira  dimanapun saudara ditugaskan dan kapanpun status Perwira disandang dalam diri saudara, jangan pernah mengkhianati sumpah yang telah diikrarkan, karena sumpah kaitannya dengan Tuhan yang maha esa, tegas Komjen Pol Arief.

Dengan pelantikan ini Polri telah menambah 1600 Perwira, diharapkan dengan penambahan ini akan meningkatkan kinerja organisasi Polri ke depan.

Selanjutnya Komjen Pol Arief menyampaikan tugas para Kasatwil dan Kasatker untuk melakukan proses pembinaan, perawatan dan pendayagunaan para Perwira yang nanti akan ditempatkan di wilayah tugasnya untuk tetap bisa menjaga diri, martabat dan kinerja sebagai seorang Perwira. 

Diakhir amanatnya Kalemdiklat Polri menyampaikan covid 19 masih didepan mata, para Perwira sekalian harus tetap dapat menerapkan protokol covid 19 sehingga dapat melaksanakan tugas dengan sehat dan selamat, rasa bangga dengan status keperwiraan harus dibarengi dan diwujudkan dengan pengabdian dalam pelaksanaan tugas yang penuh semangat dan prestasi yang tinggi. 

Setelah rangkaian upacara selesai, Museum Rekor Indonesia menganugerahkan penghargaan rekor MURI kepada Kapolri, Kalemdiklat Polri Dan Kasetukpa Lemdiklat Polri, dengan catatan rekor  pendidikan Perwira Polri  penyandang difabilitas dan pembelajaran secara daring terbanyak.

(ril/red)

Targetoperasi.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.