Headlines

Buruh Bangunan Tewas Tersengat Listrik


targetoperasi.com - Buruh bangunan bernama Syahrial alias Dedek (48) warga Jalan Gajah Mada Lingkungan V, Kelurahan Tunggurono, Kecamatan Binjai Timur, Binjai, tewas setelah tersengat arus listrik bertegangan tinggi di sebuah gedung yayasan Wahana Putra di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Pekan Binjai, Kecamatan Binjai Kota, Kamis (3/8) sekitar pukul 16:30 WIB sore.


Sumber menyebutkan, tewasnya Syahrial alias Dedek, berawal ketika dirinya beserta dua temannya bernama Ilham Hadi (27) dan Probo Sutejo (19) tengah mengerjakan konstruksi bangunan gedung Wahana Putra, dimana saat itu mereka bertugas memperbaiki lubang saluran air yang tersumbat oleh sampah di lantai 3 gedung tersebut.

"Kami bertiga tengah mencoba memperbaiki lubang saluran air yang tersumbat dengan menggunakan potongan besi  agar lubang saluran air tersebut tidak lagi tersumbat",  tutur Ilham salah satu teman korban menjelaskan.

Sambungnya menjelaskan, saat itu kami bertiga naik ke lantai 3 gedung Wahana Putra tersebut. Awalnya Almarhum (korban-red) mencoba menjuluk lubang saluran air itu dengan potongan besi yang pendek, namun karena tidak bisa, Almahrum turun ke lantai 1 untuk mengambil potongan besi yang lebih panjang.

"Setelah mengambil potongan besi yang lebih panjang dari lantai dasar gedung tersebut, selanjutnya korban kembali ke lantai 3. Sesampainya di lantai 3 korban berusaha membentangkan potongan besi yang dibawanya tersebut, dan sempat mengatakan "woi" kepada kami, sewaktu saya menoleh Almahrum sudah terduduk dan terlihat dari tangan sebelah kanannya mengeluarkan api". 

"Diduga karena potongan besi yang di bawa oleh korban menyentuh kabel listrik bertegangan tinggi, korban langsung tersengat arus listrik dan tewas di tempat kejadian, dengan luka bakar dibagian tangan kanan dan dadanya", kata Ilham.

Setelah kejadian itu, korban langsung dibawa ke lantai dasar untuk mencari pertolongan. Sementara Probo Sutejo juga mencoba menghubungi pihak PLN untuk mematikan arus listrik di sekitar area tempat mereka bekerja.

Pihak kepolisian yang mendapat informasi dari masyarakat tentang kejadian tersebut langsung menuju ke TKP untuk melakukan olah tempat kejadian perkara, dan mengamankan beberapa barang bukti yang terdapat di sekitar tempat tewasnya korban.

Kanit Reskrim Polsek Binjai Kota, AKP Rudi Lapian didampingi Pawas Piket Polres Binjai Iptu Siswanto Ginting, ketika diwawancarai langsung ditempat kejadian, mengatakan, "benar, telah terjadi peristiwa yang kita duga sebagai kecelakaan kerja, dimana korban tewas karena tersengat aliran listrik bertegangan tinggi, dan saat ini kita masih melakukan olah tempat kejadian perkara, sambari mencoba untuk menghubungi pihak keluarga korban", ujarnya. (red/ril)

Targetoperasi.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.