Headlines

Titik Api di Siak Nihil, Tour De Siak 2019 Diharapkan Tidak Ada Asap


(TO - Siak) - Bupati Siak berharap pelaksanaan Tour de Siak 2019 yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 hingga 22 September 2019 nanti, Kota Siak dan sekitarnya terbebas dari bencana kabut asap. 

Namun untuk mewujudkan itu, Pemkab Siak harus melakukan kordinasi ke daerah tetangga seperti kabupaten Pelalawan dan Indragiri Hulu.

Sebab, dua daerah tetangga itu masih terdapat titik api hingga terpapar asap dari kebakaran lahan dan hutan (karhutla) di daerah tersebut. 

Sementara di Kabupaten Siak sejak beberapa hari terakhir sudah tidak ada titik api. Namun kualitas udara masih buruk karena terpapar asap kiriman dari kedua daerah tersebut.

"Asap yang ada saat ini di Kota Siak merupakan asap kiriman dari Pelalawan dan Inhu. Asap dari sana terbawa angin selatan ke arah utara. Kalau curah hujan tinggi menjelang Tour de Siak nanti, kita prediksi tidak ada asap saat terlaksana Tour de Siak seperti yang diharapkan pak Bupati", kata Kepala Manggala Agni Siak, Ihsan kepada wartawan, Rabu (4/9/2019) malam.

Ihsan mengatakan saat ini tim pemadam kebakaran sudah dapat pulang ke rumah masing-masing karena titik api di Kabupaten Siak sudah nihil. Namun tim secara bergantian tetap melakukan patroli ke lokasi rawan karhutla.

"Kita sangat apresiasi kepada Pemkab Siak yang cepat tanggap dalam mengatasi pemadaman Karhutla ini, mulai mengirimkan sarana damkar hingga personil dari berbagai pihak untuk turun membantu Manggala Agni. Asisten 1 sangat sigap berkordinasi dengan kami dilapangan, demikian juga dengan pihak perusahaan", kata Ihsan.

Segala persiapan Tour de Siak 2019 terus digesa oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Siak. Termasuk acara hiburan artis dari Jakarta 'Andra and The Backbone' untuk memeriahkan malam pembukaan Tour de Siak, Rabu (18/9/2019) mendatang.

Sementara itu Kadis Kominfo Kabupaten Siak, Arfan Usman mengatakan, Tour de Siak 2019 ini akan dimulai dengan acara Fun Bike dan Parade Atlet pada Rabu pagi tersebut. Dan dilanjutkan malam harinya dengan acara Dinning Party serta Grand Opening Ceremony.

"Setelah paginya Fun Bike dan parade, para atlet istirahat dan malam bersiap untuk makan malam bersama, serta mengikuti pembukaan Tour de Siak dengan rangkaian acara hiburan lokal maupun artis Jakarta", jelas Arfan. 

(Fendi)

Target Operasi.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.