Headlines

Ditlantas Poldasu Tambah 5 ETLE “Electronic Traffic Law Enforcement” Mobile



(TO - MEDAN) - Para pengguna kenderaan diajak untuk selalu mematuhi aturan lalulintas.


Pasalnya, penindakan terhadap pelanggaran lalulintas tidak lagi hanya bersifat statis seperti trafick ligt tetapi Ditlantas Poldasu telah menambah 5 ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) yang bergerak secara dinamis dilapangan.


"Kita sudah menambah 5 ETLE dalam bentuk Device atau Mobile Apps (Handphon) yang dapat bergerak secara dinamis dilapangan memantau pelanggaran lalulintas. Para petugas itu dengan mengenderai sepeda motor mobile (keliling) dan bila menemukan adanya pengendara yang melanggar lalulintas, secara otomatis Etle akan memotret yang langsung terhubung dengan pusat operator,” kata Direktur Lalulintas Poldasu Kombes Indra Darmawan Iriyanto, Kamis (06/10/22).


Selain 5 ETLE mobile, sambung Kombes Indra Darmawan Iriyanto, ETLE statis juga sudah ditambah selain yang di kawasan Lapangan Merdeka, ada di Jalan Brigjen Katamso.


Dia berharap agar pengendara sepeda motor tetap mematuhi aturan lalulintas seperti tidak melanggar trafick ligt, melawan arus lalulintas, tidak parkir disembarang tempat, tetap memakai helm, membawa penumpang sesuai kapasitas.


Kemudian, tidak menggunakan HP saat berkendara. Etle mobile dan statis dapat menangkap nomor plat kenderaan yang dirobah atau modifikasi serta nomor plat yang sudah habis masa aktifnya.


Bila ETLE mobile dan statis ada menemukan pelanggaran, surat tilang akan dikirim ke alamat masing-masing sesuai nomor plat kenderaan, melalui kantor pos,” sebutnya.


Perwira dengan melati tiga dipundaknya itu mengatakan, pihaknya akan terus menambah ETLE mobile dan statis dan mudah-mudahan disetiap persimpangan jalan yang dipasang lampu dapat segera terpasang ETLE statis.


Pemasangan ETLE Mobile dan Statis ini, kata Indra Darmawan sejalan dengan Program Presisi Kapolri yakni peluncuran Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik nasional yang sudah diresmikan Kapolri Jenderal Pol.Listyo Sigit Prabowo di 34 Polda jajaran Indonesia.


Peresmian dilakukan pada syukuran perayaan HUT ke 67 Lalulintas Kamis 22 September 2022 lalu, di Gedung Korlantas Polri, Jakarta.


“Alhamdulillah bersamaan dengan HUT Lantas ke-67, kita selesaikan program prioritas kita yaitu ETLE nasional yang hari ini diresmikan di delapan Polda. Sehingga totalnya saat ini, sudah selesai di 34 Polda,” kata Sigit.


Tak hanya itu, pada kesempatan itu, Sigit turut meresmikan inovasi ETLE dalam bentuk Device atau Mobile Apps. Sehingga tilang elektronik tidak hanya bersifat diam atau statis, melainkan dapat bergerak secara dinamis di lapangan.


Menurut Sigit, terobosan inovasi tersebut sangat bermanfaat dalam memberikan pelayanan prima dan terbaik untuk masyarakat. Diharapkan dengan adanya pemanfaatan teknologi informasi itu, angka fatalitas akibat kecelakaan lalu lintas dapat diminimalisir sekecil mungkin.


“Dan kemudian ini bisa dilaksanakan dalam kegiatan patroli. Khususnya di tempat-tempat yang rawan kecelakaan. Sehingga, kemudian harapan kita dengan peningkatan dan pergelaran ETLE ini angka kecelakaan lalu lintas, semakin hari atau dari tahun ke tahun kita harapkan makin turun. Karena kepatuhan, ketaatan dan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas makin baik dan ini tentunya akan menurunkan potensi kecelakaan lalu lintas,” ucap Sigit. 

(red/rd)

Targetoperasi.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.