Headlines

Tumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air, Peringati Kemerdekaan RI, Media OKEBUNG.COM Gelar Perlombaan Pembacaan Teks Pancasila dan Teks Proklamasi



(TO - MEDAN) - Guna menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta tanah air para generasi muda,Portal Berita Militer.www. okebung.com akan menggelar perlombaan Teks Pancasila dan Teks Proklamasi yang digelar di Jalan Flamboyan Raya Gang Keluarga ,Kel Tanjung Selamat,Kec Medan Tuntungan,Minggu 21 Agustus 2022.


Kegiatan memeriahkan dan memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tersebut kita gelar bagi para pelajar SD dan SMP,"ujar Ryan Noer Sinaga selaku penyelenggara.


Disebutkannya,kegiatan perlombaan yang jarang dan mungkin belum pernah dilaksanakan tersebut guna memperkokoh jiwa para generasi muda terhadaap IDEOLOGI PANCASILA. Pasalnya, saat ini, kata Ryan, banyak para generasi muda kurang memahami Ideologi Pancasila.


"Pancasila sebagai ideologi Negara  sebagai pedoman oleh masyarakat Indonesia dalam menjalankan kehidupannya. Nilai-nilai yang terkandung dalam kelima asas Pancasila menjadi landasan masyarakat dalam bersosialisasi, kehidupan beragama, hak asasi manusia, dan bekerja sama,maka itu anak-anak harus ditanamkan Nilai-nilai Pancasila sejak dini,"ungkap Ryan.


Dijelaskannya bahwa Pancasila sendiri memiliki beberapa kedudukan dalam kehidupan bernegara masyarakat Indonesia, yaitu:


Sebagai jiwa bangsa Indonesia

Sebagai ciri dari pribadi bangsa Indonesia

Sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia

Sebagai dasar negara

Sebagai sumber dari dari segala hukum

Sebagai perjanjian yang luhur ketika negara Indonesia didirikan

Sebagai tujuan atau cita-cita bangsa

Kedudukan ini jelas menyatakan bahwa Pancasila merupakan pedoman bagi masyarakat Indonesia dalam menjalankan aktivitas kehidupan bernegara. Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa Pancasila adalah petunjuk dalam kehidupan bernegara bagi masyarakat. Layaknya arah yang tidak pasti dari kapal tanpa kompas, demikian juga negara akan tanpa arah bila tidak ada Pancasila.


Selain itu, Pancasila juga memiliki nilai sejarah karena proses pembentukannya sebagai hasil dari perjanjian para wakil golongan ketika mendirikan negara Indonesia. Berdasarkan kedudukan dan fungsinya yang ternyata begitu penting, maka Pancasila harus dapat dijaga keluhurannya oleh setiap warga negara.


Peran Pancasila sebagai ideologi negara memberi bimbingan kepada masyarakat Indonesia dalam menentukan sikap dan tingkah laku. Nilai-nilai yang terkandung dalam kelima asas Pancasila dijadikan patokan aturan oleh bangsa ini dalam berbuat di kehidupan bermasyarakat serta bernegara.


"Kedudukan nilai-nilai yang terkandung dalam kelima asas Pancasila adalah sebagai aturan tentang moral. Oleh karena itu, pelaksanaannya juga harus berdasarkan pada keyakinan dan kesadaran penggunanya dan diharapkan para generasi  mengimplementasikan Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,,tandasnya.


(red)

Targetoperasi.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.