Headlines

Komisi II DPRD Riau Hadiri Ekspose Hasil Verifikasi Tim DLHK Riau Terkait Lahan Rantau Kasai



(TO - Pekanbaru)  -  Ketua Komisi II DPRD Riau, Robin P Hutagabung menghadiri ekspose Hasil Verifikasi Tim Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau. Ekspose tersebut tentang penyelesaian konflik PT Nusa Wana Raya dan PT Nusantara Sentosa Raya dengan masyarakat Desa Rantau Kasih Kecamatan Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar. 


Ekspose, Rabu (3/11/21) di Aula DLHK Riau, langsung dilakukan Kepala Dinas DLHK Riau, Ma'mun Murod, pihak perusahaan serta tokoh masyarakat Desa Rantau Kasih, konflik ini belum menunjukkan titik terang. 


Dalam pemaparannya Tim DLHK Provinsi Riau masih terus melakukan inventarisasi, klarifikasi dan identifikasi kegiatan perkebunan dikawasan hutan. 


Selan itu, tim DLHK Provinsi Riau juga masih melakukan pengambilan data-data siapa yang melakukan kegiatan perkebunan di desa tersebut dan sudah berapa lama mereka mengelola perkebunan tersebut. 


Direktur PT Nusa Wana Raya Muller Tampubolon menanggapi kalau keputusan nanti tetap berada di Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. “Kita lihat hasil telaah tim dari pusat nanti seperti apa, karena semuanya masih berproses, keputusan nanti tetap dari Kementerian LHK,” katanya. 


Diakhir rapat Camat Kampar Kiri, Jaka Putra menyampaikan bahwa perkampungan Rantau Kasih adalah hasil relokasi warga dari sekitar bantaran Sungai Kampar Kiri sejak tahun 2000 silam. 


Pemerintah Kabupaten Kampar memindahkan sekitar 180 kepala keluarga menjauhi bantaran sungai yang rawan banjir. 


Warga pun memulai kehidupan baru di kawasan relokasi tersebut yang berada dalam kawasan hutan produksi dan diberikan izin HTI kepada PT NWR. 


Belakangan, tensi antara warga dan PT NWR justru memanas bahkan diperjalannya puluhan emak-emak di sana terpaksa menginap di kebun mereka dengan tenda seadanya, karena khawatir kalau kebun mereka akan dirusak oleh perusahaan.


(Fendi)

Targetoperasi.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.