Headlines

Pimpin Rapat Karhutla di Hotel Novotel Riau, Jokowi Marah Singgung Peran Pemda


(TO - Pekanbaru) - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas membahas penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Novotel Hotel, Pekanbaru, Riau, Senin (16/9/2019) malam. 

Jokowi tekankan dukungan pemerintah daerah penting dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan khususnya di Riau.

Jokowi menyinggung pertemuan 15 Juni di Istana. Dalam rapat itu, mantan Gubernur DKI ini mengingatkan soal pentingnya pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

"Kalau infrastuktur diaktifkan secara baik saya yakin namanya titik api diketahui tidak hanya satu titik sebelum jadi ratusan titik api pun diketahui dan ini sudah saya ingatkan berkali-kali", kata Jokowi saat memimpin rapat yang dihadiri sejumlah Menteri, Panglima TNI dan Kapolri hingga Kepala Daerah setempat.

Jokowi mengatakan, perangkat-perangkat di daerah tidak diaktifkan dengan baik dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan. Padahal menurut Jokowi, kebakaran gambut ini tak bisa diselesaikan hanya dari pemerintah pusat.

"Hari Jumat lalu saya sudah perintahkan kepada Panglima, BNPB untuk hujan buatan. Saya kira sudah dikerjakan, saya harapkan besok dilakukan hal yang sama akan tetapi kalau tidak ada dukungan dari pemerintah daerah ini akan sulit diselesaikan", ujar Jokowi.

Jokowi berharap, jangan sampai masalah kebakaran hutan dan lahan ini mengganggu perekonomian seperti aktivitas penerbangan.

"Pengalaman-pengalaman kita di tahun-tahun sebelumnya seperti itu. Kuncinya jangan diam, titik api sudah semakin meluas, jangan sampai mengganggu aktivitas penerbangan, pertumbuhan ekonomi", tegas Jokowi. 

(Fendi)

Targetoperasi.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.