Headlines

Pangdam I/BB : Kita Adalah Pahlawan Bagi Indonesia


targetoperasi.com - Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2018 di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, menjadi momentum penting dalam upaya menggelorakan semangat bahwa "Kita adalah Pahlawan bagi Indonesia".

Hal ini disampaikan Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah dalam pidato yang disampaikan Kepala Staf Kodam (Kasdam) I/BB, Brigjen TNI Hassanudin, bertempat di Lapangan Benteng, Jln Pengadilan Medan, Sabtu (10/11/2018).

Dalam pidatonya, Pangdam I/BB mengutip kalimat Bung Karno yang pernah mengatakan, "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya". Kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua. Tanpa perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia.

Ungkapan Bung Karno ini, lanjut Pangdam I/BB, juga mengandung maksud untuk membangkitkan jiwa dan karakter kepahlawanan kepada segenap komponen bangsa dan elemen masyarakat untuk bersatu di dalam perbedaan dan mengajak generasi bangsa untuk lebih mencintai bangsa.

Dalam rangkaian perjuangan kepahlawanan Indonesia, sebut Pangdam I/BB, generasi muda dapat mengambil pelajaran dari semangat perjuangan yang menjadi suasana kebatinan dan pelajaran moral bagi kita semua, yakni semangat persatuan Indonesia dalam melawan musuh bangsa saat ini, yaitu kelompok-kelompok yang gemar melontarkan ujaran kebencian, bersikap intoleransi, dan penganut aliran radikalisme, narkoba, seks bebas, terorisme dan korupsi.

"Selaku Pangdam I/BB dan pribadi, saya menyambut  baik diselenggarakannya kegiatan ini untuk mengenang dan menghargai kembali perjuangan para pahlawan. Kita harus membangun visi bahwa kita adalah pahlawan bagi Indonesia (We Are Heroes for Indonesia), dengan misi menjangkau seluruh masyarakat agar bersatu, berdoa dan bangkit untuk kebaikan bangsa Indonesia," ucapnya, seraya menambahkan, ketika kita bisa berbuat sesuatu yang terbaik untuk bangsa, maka saat itulah kita disebut sebagai Pahlawan Bangsa.

Pangdam I/BB mengaku, hal ini penting dalam menggali nilai-nilai dan etos kepahlawanan dalam meningkatkan kembali rasa nasionalisme dan patriotisme yang dikhawatirkan memudar dan tergerus oleh zaman dan globalisasi, terutama yang dialami oleh generasi muda.

"Melalui momentum peringatan Hari Pahlawan 10 November 2018 ini, kita tingkatkan rasa kecintaan pada Tanah Air dan menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia," pungkas Pangdam I/BB.

Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2018 yang dilaksanakan serentak di 17 Kota di Indonesia, mengusung tema "Pesta Para Pahlawan untuk Membangun Patriotisme dan Nasionalisme bagi Generasi Muda di Seluruh Indonesia".

Acara yang digelar di Lapangan Benteng, Jln Pengadilan Medan, Sabtu (10/11/2018), diawali dengan pelepasan marching band Kodam I/BB dan karnaval kendaraan hias dari jajaran Kodam I/BB, Pemko Medan, serta barisan pecinta jeep wills, sepeda ontel, pelajar pembawa bendera Merah Putih sepanjang 50 meter, dan ditutup oleh marching band MAN 1 Medan.

Sebelumnya, dilakukan pelepasan peserta karnaval kendaraan hias oleh Pangdam I/BB diwakili Kasdam I/BB, Gubsu Letjen TNI (Purn) Edy Rahmayadi diwakili Asisten Ekbangkes Setdaprovsu, Ir Ibnu Sri Hutomo, Kapoldasu diwakili Karoops Kombes Pol Imam Prakoso, Kabinda Sumut, Brigjen TNI Ruruh A Setyawibawa, Anggota DPD RI asal Sumut, Parlindungan Purba, dan Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution.

Usai pelepasan peserta karnaval, acara dilanjutkan dengan penampilan solo Marching Band Kodam I/BB yang bermaterikan personel Yon Zipur 1/DD, Yonif Raider 100/PS, Yon Armed 2/105 KS, Yonkav 6/NK, dan Yon Arhanud 11/WBY.

Di kesempatan ini, Kasdam I/BB bersama unsur FKPD Provsu dan Kota Medan menyempatkan diri mengikuti tarian Ahoi yang dibawakan belasan pasangan pemuda-pemudi berpakaian adat dari seluruh etnis Sumut, para pelajar, ASN, dan prajurit TNI-Polri.

Di acara ini, Kasdam I/BB juga menyerahkan bingkisan secara simbolis kepada para veteran dan pejuang perintis Kemerdekaan RI, serta pelepasan balon ke udara yang dilakukan bersama dengan unsur FKPD Sumut dan Kota Medan.

Kemeriahan peringatan Hari Pahlawan ini semakin semarak dengan digelarnya panggung hiburan rakyat oleh band-band lokal, serta bazaar. (ril/red)

Targetoperasi.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.