Headlines

Tekan Angka Lakalantas, Prajurit Kodam I/BB Dibekali UU Lalin dan Safety Riding


targetoperasi.com - Upaya meminimalisasi angka kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di lingkungan Kodam I/BB, Komando Daerah Militer I Bukit Barisan  (Kodam I/BB) bekerjasama dengan Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) menggelar acara sosialisasi pembekalan UU No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,  serta Safety Riding kepada prajurit TNI/PNS dan Persit KCK PD I/BB, di Balai  Prajurit Makodam I/BB, Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Selasa (29/8/2017).

Kegiatan yang dilaksanakan itu, dihadiri oleh staf ahli Pangam I/BB Bidang Sosbud, Kolonel Kav Halilintar S SIP, Danpomdam I/BB, Kolonel CPM Sudarma Setiawan, Kapendam I/BB, Kolonel Inf  Edy Hartono, Irwasda Poldasu, Dir Lantas Polda Sumut ,  Kasat Lantas Polrestabes Medan, para pejabat Utama Kodam I/BB, Prajurit Lingkungan Kodam I/BB, serta Ibu-ibu Persit KCK Kodam I/BB.

Dalam arahanya, Pangdam I/BB, Mayjen TNI Cucu Somantri melalui Staf Ahli Kolonel Inf Halilintar mengatakan, pembekalan UU No.22 Tahun 2009 yang juga dirangkai dengan Safety Riding, dimaksudkan untuk menekan tingkat pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di wilayah Kodam I/BB.

"Jadi, tujuan utama pembekalan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada seluruh prajurit tentang pentingnya tertib berlalu lintas dalam upaya menekan tingkat pelanggaran dan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Kodam I/BB", ucap Kolonel Inf Halilintar.

Ditempat yang sama, Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus  Waterpaw, melalui Irwasda Poldasu, dalam arahannya mengatakan, faktor yang memicu terjadinya kecelakaan di jalan raya. diantaranya kurang memahami rambu-rambu lalu lintas, tidak disiplin (ugal-ugalan), kurangnya kelengkapan pada kendaraan, serta stabilitas mental yang tidak baik saat membawa kendaraan", sebutnya.

Dari data yang diterima, lanjut Irwasda, di Tahun 2016 angka lakalantas  mencapai 6015 kasus, dengan korban meninggal dunia 1700 orang lebih, termasuk perajurit TNI dan Polri. Jadi kalau dihitung korban meninggal dunia akibat kecelakaan 4 sampai 5 orang perhari.

"Jadi untuk meminimalisir itu semua, sangat diharapkan kesadaran akan tertib berlalu lintas dan melengkapi segala perlengkapan, sesuai standart  berkendara", harapnya.

Sementara itu Danpomdam I/BB, Kolonel CPM Sudarma Setiawan menyebutkan, kegiatan pembekalan UU No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,  serta Safety Riding ini tidak hanya berhenti sampai disini saja.

"Saya sudah intruksikan kepada seluruh jajaran POM  untuk bekerja sama dengan pihak Kepolisian setempat,  melanjutkan program ini hingga kedaerah-daerah di wilayah Kodam I/BB,  Sebagai upaya menciptakan prajurit yang disiplin dan mematuhi tata tertib berlalu lintas", tandasnya.

Usai acara, para perajurit terlihat mengikuti uji kemampuan bersepeda motor dihalaman parkir Makodam I/BB. (red-toc).

Targetoperasi.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.