Headlines

Penghuni Kolong Rayakan HUT Kemerdekaan RI


targetoperasi.com - Sebanyak 200 anak penghuni kolong jembatan Jakarta Utara, Kamis (17/8/2017) merayakan HUT Kemerdekaan ke-72 dengan menggelar upacara bendera dan serangkaian hiburan. Acara tersebut digelar oleh Yayasan Bina Matahari Bangsa (YBMB).

Selain itu acara  juga diikuti anak-anak dari sejumlah rumah singgah dan komunitas perlindungan anak antara lain, Sanggar Anak Harapan Plumpang, Umbrella Mangga Dua, Dreamworks dan Beautifull mind fullnes.

Ketua Umum YBMB Tian Bahtiar menegaskan bahwa peringatan HUT RI ke-72 ini untuk menumbuhkan semangat cinta tanah air.
 
"Kemerdekaan adalah hak seluruh warga termasuk anak-anak yang tinggal di kolong jembatan atau pinggir rel kereta api", katanya kepada wartawan.
 
Peringatan yang dilaksanakan di ruko Mitra Bahari 2, Penjaringan Jakarta Utara tersebut dimulai dengan upacara bendera, janji anak jalanan dan pentas seni oleh mereka. 

Salah satunya adalah pentas musik kaleng rombeng, yakni musik perkusi dengan menggunakan barang-barang bekas.

Acara juga diisi edukasi bahaya narkoba dan penyuluhan hak anak dari Polsek dan Kelurahan Penjaringan.
 
“Anak-anak ini umumnya tidak memiliki dokumen kependudukan sehingga tidak mendapat fasilitas seperti, Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan Kartu Jakarta Sehat (KJS). Atas kondisi itulah YBMB bersama sejumlah komunitas pegiat hak anak menyelenggarakan fasilitas pendidikan dan kesehatan sendiri”, ucap Tian

YBMB yang didirikan sejak 5 tahun lalu, kini membina sekitar 100 anak. Sebahagian dari mereka tinggal di panti YBMB karena tidak mempunyai orang tua dan tempat tinggal. (int)

Targetoperasi.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.