Headlines

Kapus se-kabupaten Aceh Tenggara Peringati HKN Dengan Tema "Satukan Tekad Menuju Aceh Tenggara Sehat"



(TO - Kutacane) - Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 tahun 2020 diperingati setiap 12 November. Pada peringatan HKN tahun ini, “Satukan Tekad Menuju Aceh Tenggara Sehat" menjadi tema utama yang diusung.


Kepala Puskesmas Lawe Sigala-gala dr Elvis mengatakan kepada awak media ini, HKN ke-56 tahun ini merupakan momentum untuk kita bersyukur di era pandemi dan mengingatkan kita semua tentang pentingnya Kesehatan disela-sela berlangsungnya acara, Kamis (12/11/2020).

Menurut dr Elvis, tema HKN tahun ini merupakan upaya untuk membangun masyarakat yang produktif dan aman dari Covid-19 di era adaptasi kebiasaan baru. Pada perayaan HKN tahun ini, pemerintah juga mengambil sub tema yang masih berhubungan dengan pandemi Covid-19, yaitu "Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19”.

"Melalui Sub Tema 'Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19'. Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat dan tenaga kesehatan agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah keterpaparan Covid-19", kata dr Elvis. 

Sementara itu dr Mina Umra selaku kepala kapus kota Kutacane menambahkan, sekuat apapun upaya pemerintah tidak akan cukup apabila tidak didukung oleh masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, tujuan utama dari peringatan HKN tahun ini adalah untuk menyatukan tekad dalam mewujudkan Aceh Tenggara semakin sehat dan semangat memperjuangkan ketahanan kesehatan Aceh Tenggara yang kita cintai ini. 

Namun, karena saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19 dan angka penularan virus Corona masih sangat tinggi di Indonesia, tentu perayaan HKN tahun ini akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Kami juga membagikan kepada masyarakat seperti masker.saat pembagian masker tepat di depan kantor dinas kesehatan aceh tenggara, pungkas dr Mina Umra.

Lanjut kepala puskesmas Lawe Sumur Nelly Afni,SKM kembali menambahkan dengan menceritakan sejarah Hari Kesehatan Nasional di indonesia, Awal dari Hari Kesehatan Nasional bermula pada tahun 1950-an. Pada waktu itu, terjadi sebuah wabah penyakit malaria yang menyebabkan ratusan ribu orang meninggal dunia. 

Penyakit ini hampir menyerang seluruh daerah di Indonesia. Karena kondisi yang mengkhawatirkan ini, pada tahun 1959, pemerintah membentuk Dinas Pembasmi Malaria. Dinas ini kemudian berubah menjadi KOPEM pada tahun 1963, jelas Nelly Afni, SKM.

Sambung Nelly Afni, SKM Dalam menjalankan tugasnya, pemerintah juga bekerja sama dengan WHO dan USAID. Bersama-sama, mereka berencana untuk menghilangkan malaria di Indonesia pada tahun 1970. Pemberantasan ini dilakukan dengan obat DDT yang disemprotkan secara masal. Hal ini tercapai pada tahun 1964, di mana 63 juta orang telah terlindungi dari penyakit malaria. Keberhasilan inilah yang kemudian diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional, tutup Nelly Afni, SKM.

(red/Ari)

Target Operasi.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.