Headlines

Eveline Sago Minta BLK Madina Buka Kelas Pelatihan Tukang Bangunan


(TO - Madina) - Anggota DPRD Kab. Mandailing Natal (Madina) Eveline Sago, SE meminta Badan Latihan Kerja Kabupaten Madina agar membuka kelas untuk pelatihan tukang bangunan.

Hal itu disampaikan Eveline Sago pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Batang Natal, Kamis (13/2/2020) yang diikuti sejumlah kepala Desa se Kecamatan Batang Natal.

Eveline Sago mengatakan, membuka kelas pelatihan itu harus disesuaikan dengan kebutuhan dan peluang lapangan kerja. Sehingga keahlian yang dimiliki masyarakat nantinya benar-benar bisa bermanfaat untuk kebutuhan ekonominya. Dan, pelatihan tukang bangunan ini kata Eveline saat ini amat menjanjikan.

Ia menyebutkan, kelas pelatihan yang dibuka selama ini kurang menjanjikan dan peluang kerjanya sangat sedikit sehingga dicap sebagai produk gagal, Misalnya menjahit. Masyarakat saat ini lebih cenderung memakai pakaian yang sudah jadi, dan menjahit dikategorikan cuma sekedar kesenian dan nilai ekonominya amat sedikit.

Begitu juga dengan kelas pelatihan tata boga atau memasak. Kelas tata boga ini menurut Eveline Sago juga kurang efektif diikuti bagi masyarakat Kabupaten Madina. Begitu juga dengan pelatihan mengoperasikan komputer, yang mana pelajaran komputer ini sudah dimulai dari sekolah dasar hingga sekolah lanjutan.

Balai latihan kerja harus melihat kesitu, bagaimana agar kelas pelatihan itu disesuaikan dengan peluang kerja yang dibutuhkan. Bisa kita lihat berapa ratus miliar uang di Madina setiap tahun yang peruntukannya bangunan fisik seperti jalan, jembatan, perkantoran, dan sarana atau fasilitas umum di kawasan pemukiman penduduk.

Begitu juga dengan dana desa yang ratusan juta setiap tahun perdesa peruntukannya untuk pembangunan fisik. Nah, disini kita memerlukan tenaga kerja ahli untuk mengerjakan bangunan itu. Selama ini banyak tukang bangunan yang berasal dari luar Madina bekerja untuk proyek pembangunan fisik di daerah kita. Dengan adanya pelatihan tukang bangunan di balai latihan kerja, ini akan membuka peluang lapangan kerja bagi masyarakat kita yang tentunya akan mengurangi angka pengangguran.

"Kita butuh tukang bangunan yang handal sebanyak-banyaknya, jangan lagi uang kita yang menikmati orang lain", terang Eveline Sago.

Karena itu, Eveline Sago meminta kepada Balai Latihan Kerja supaya fokus pada penguatan program pelatihan untuk jenis keahlian yang paling banyak dibutuhkan, yaitu kelas tukang bangunan.

Selain program di BLK itu, Eveline Sago juga mengusulkan ke Dinas Pemuda Olahraga supaya membuat program yang bertujuan memotivasi kemauan bekerja bagi kalangan pemuda. 

"Dinas Pemuda Olahraga jangan hanya fokus pada bidang keolahragaan, tapi harus membuat program yang dapat memotivasinya kemauan pemuda agar rajin bekerja dan meninggalkan kebiasaan buruk serta penyakit masyarakat yang meresahkan", tegasnya.

Musrenbang kecamatan Batang Natal itu dihadiri beberapa anggota DPRD Madina, yaitu Saiful Sarling Lubis (Partai Golkar), Edi Anwar (PKB), Zainal Abidin (Partai Nasdem) dan termasuk Eveline Sago (Partai Hanura). 

Dari pemerintah hadir Camat beserta Muspika Batang Natal, juga dihadiri sejumlah Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Madina seperti Dinas Pemuda Olahraga dan Badan Latihan Kerja dan lainnya. 

(Red/Yogi)

Targetoperasi.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.