Headlines

Kabut Asap di Kota Pekanbaru Makin Pekat, Jarak Pandang Hanya 1,5 Kilometer


(TO - Pekanbaru) - Kebakaran hutan dan lahan sampai saat ini masih terjadi di beberapa wilayah di provinsi Riau. Akibatnya, sejumlah daerah diselimuti kabut asap. Bahkan untuk hari ini kabut asap semakin pekat terlihat.

Di Kota Pekanbaru, langit tampak putih karena diselimuti asap. Bau sangat menyengat terasa menusuk hidung. Belum lagi mata terasa perih jika lama-lama berada di luar rumah.

Berdasarkan Data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, hari ini kabut asap di Pekanbaru memang semakin parah dan pekat.

"Hari ini jarak pandang di Pekanbaru hanya 1,5 kilometer. Jauh menurun dibandingkan hari sebelumnya", ujar Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Marzuki, Senin (5/8/2019).

"Asap yang menyelimuti Kota Pekanbaru adalah kiriman dari Kabupaten Pelalawan dan Indragiri Hilir", Jelasnya.

Ditambahkan Marzuki, untuk kabut asap tak hanya menyelimuti Kota Pekanbaru. Dumai juga diselimuti kabut asap. "Untuk jarak pandang di Dumai juga terbatas yakni hanya 3 kilometer", katanya.

Sementara itu, di Pelalawan dan Inhu jarak pandang memang terpantau terbatas namun bukan disebabkan oleh kabut asap tapi hanya udara kabur. Jarak pandang untuk 2 wilayah tersebut 4 Kilometer.

Udara kabut terjadi akibat adanya partikel - partikel yang menghalangi udara, sehingga terjadilah kabut. Kalau udara kabut ini memang hanya sebentar saja. 

Jika matahari tinggi udara pasti akan normal kembali. Namun kita akan terus lakukan pemantauan, Jelasnya. 

(Fendi)

Targetoperasi.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.