Headlines

TNI AL Gagalkan Penyeludupan Puluhan Kilogram Sabu di Perairan Seruwai Aceh


targetoperasi.com - Personil TNI Angkatan Laut (AL) berhasil menggalkan penyelundupan narkotika jenis sabu sebanyak  67,4 Kg di perairan Seruwai, Aceh Tamiang, Aceh. Namun saat akan diamankan pelaku yang membawa narkotika dari Malaysia tersebut berhasil meloloskan diri dari kejaran petugas.

Hal ini dikatakan Pangkormada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, dalam siaran Persnya di Mako Lantamal I Belawan, Jumat (14/9/2018) sore.

Pangkormada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono menjelaskan, penyeludupan narkotika jenis sabu tersebut digagalkan pada  Kamis (13/9/2018) sekitar pukul 06.45 Wib. Ketika itu, tim patroli Posal Seruwai menghentikan 1 unit speed boat di alur Kuala Peunaga lama atau koordinat 04 43 99 U - 098 24 83 T.

Awalnya, pada Selasa (11/9), petugas sudah mendapat informasi dari intelijen mengenai akan masuknya speedboat dari Penang, Malaysia ke daerah Seruwei. Penyelundup diduga membawa narkotika.

"Ini merupakan bukti adanya sinergitas antara masyarakat dengan TNI AL terhadap pelanggaran hukum di laut. Berkat adanya informasi dari para nelayan dan masyarakat pengguna transportasi laut", ujarnya.

Yudo menambahkan pada Kamis (13/9), dua personel Posal Seruwai yang melakukan patroli menggunakan perahu menemukan speedboat yang dicurigai di daerah alur Kuala Peunaga Lama. Mereka mencoba menghentikan untuk melakukan pemeriksaan.

Saat dihentikan, speedboat fiber warna hijau les merah itu melaju. Petugas melepas 3 kali tembakan peringatan. Speedboat akhirnya berhenti di tepi alur. Namun dua orang langsung melompat ke darat dan melarikan diri ke dalam hutan.

"Kita masih mencari dua awak speedboat itu", jelas Yudo.

Namun dari pemeriksaan terhadap speedboad tersebut petugas menemukan 2 tas besar, 3 tas punggung dan 1 tas pinggang. Mereka kemudian menarik speedboat bermesin tempel 200 PK itu berikut isinya ke Posal Seruwai.

Pada pukul 19.00 Wib barang bukti diserahkan kepada Tim Pomal Lantamal I Belawan dan dibawa menuju Lantamal I Belawan. Setelah ditimbang di hadapan BNN, di antara barang bukti terdapat 67,4286 Kg sabu-sabu.

"Keberhasilan penggagalan tersebut merupakan komitmen dari TNI AL, khususnya Koarmada I membantu program pemerintah memberantas peredaran narkotika di tanah air yang semakin marak", tandas Yudo. (red/rud)

Targetoperasi.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.