Headlines

Satgas Yonif 121/MK Bekali Pramuka Dengan Pengetahuan Kompas


targetoperasi.com - Praja Muda Karana (Pramuka) adalah suatu organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia dimana kata Pramuka itu sendiri memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya dengan sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur yang diimplementasikan kepada makhluk hidup terutama kepada sesama manusia serta terhadap lingkungan hidup.

Ada beberapa jenis kegiatan dalam kepramukaan, setiap kegiatan di sesuaikan dengan tingkatan masing-masing, baik untuk Siaga, Penggalang, penegak maupun Pandega. Hal ini tentunya disesuaikan dengan tingkatan umur dan pola pikir dari anggota Pramuka itu sendiri.

Demikian halnya yang dilaksanakan oleh SMP YPPK Taruna Tegasa yang berada di Distrik Arso Kabupaten Keerom Papua pada Sabtu 29 September 2018 dengan dibantu oleh Satgas Yonif 121/MK melaksanakan kegiatan kepramukaan kepada siswa-siswi di sekolah tersebut. Dalam kegiatan kepramukaan kali Satgas Yonif 121/MK yang diminta langsung oleh pihak SMP YPPK Taruna Tegasa memberikan materi kegiatan berupa pengetahuan penggunaan Kompas.

Dua orang personel Satgas Yonif 121/MK dari Pos Komando Utama (Pos Kout) yaitu Sertu M. Alif Wahyudi dan Kopda Binahar Nababan yang memberikan materi penggunaan kompas memaparkan bagaimana cara menggunakan kompas yang benar baik dan benar, baik kompas digunakan sebagai alat untuk menentukan arah mata angin maupun untuk menentukan suatu arah yang akan dituju apabila digunakan pada saat berjalan. Hal itu dikemukakan kepada para siswa karena sangat penting apabila menggunakan kompas terutama di daerah hutan yang tidak ada petunjuk sama sekali agar tidak tersesat.

Selain memberikan pengetahuan kompas juga sebelumnya Satgas Yonif 121/MK telah beberapa kali melaksanakan kegiatan kepramukaan di SMP YPPK Taruna Tegasa antara lain memberikan materi Peraturan Baris Berbaris (PBB), latihan kepemimpinan, kedisiplinan, dan pembekalan wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi.

Kepala Sekolah SMP YPPK Taruna tegasa Monika Itu, S.Pd. dalam kesempatan tersebut mengatakan sangat terbantu dengan kesediaan Satgas Yonif 121/MK yang selama ini turut terlibat dalam kegiatan kepramukaan di sekolahnya dan Monika juga tidak lupa mengucapkan terimaksih yang sebesar-besarnya.

“Kami sangat terbantu dengan keterlibatan Satgas Yonif 121/MK dalam kegiatan kepramukaan di sekolah kami dengan membagi ilmu yang mereka punya kepada siswa-siswi selama ini, dan kami juga atas nama sekolah maupun yayasan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Satgas Yonif 121/MK karena berkenan meluangkan waktu untuk melatih anak didik kami”, tutur Monika. (ril/red)

Targetoperasi.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.