Headlines

Kapolri Perintahkan Jajarannya Memburu Penyebar Berita Hoax


targetoperasi.com - Kapolri, Jenderal Tito Karnavian memerintahkan seluruh jajaran kepolisian untuk mencari, melacak dan memburu para pelaku pembuat berita hoaks, provokasi, dan ujaran kebencian.


"Saya perintahkan kepada seluruh jajaran, masalah hoaks dan konten-konten negatif,  begitu ada konten yang melanggar undang undang harus diusut dan diproses hukum", ujarnya dalam jumpa pers di Lapangan Samura, Kabanjahe, Tanah Karo, Kamis (24/8/2017).

Kapolri juga menegaskan, pria inisial MFB (18), warga Medan eks siswa SMK yang menghina Presiden Jokowi dan dirinya, sekarang sedang diproses hukum. Dia sangat menyayangkan seorang anak umur 18 tahun begitu berani membuat konten yang negatif di media sosial, mengunggahnya dan menyebarluaskannya.

"Hukum harus tegak. Karena itu, pada hari itu saya perintahkan kepada semua jajaran, cari dan tangkap", ucapnya.

Jenderal bintang empat itu juga  menegaskan, kepolisian saat ini serius menangani masalah berita hoaks, informasi provokatif dan ujaran kebencian. Karena hal itu diyakini berpotensi mendatangkan perpecahan bangsa. Sebagai bentuk keseriusan, Mabes Polri kini lebih mengaktifkan tiga tim cyber, yakni di Bareskrim, Humas dan Intelijen.

"Di Bareskrim saja ada 3 perwira pangkat Brigjen yang menangani media sosial, kemudian di Humas dan Intelijen. Tak lupa di 33 Polda serta 500 Polres juga memiliki tim cyber. Pengusutan terhadap tersangka MFB dilakukan secara serius bukan karena yang dihina itu Presiden atau dirinya sebagai Kapolri, melainkan demi memberi efek jera kepada siapapun yang mencoba membuat kegaduhan dan memecah belah bangsa", ungkap mantan Kepala BNPT itu.

"Kebetulan saat ini yang disasar Kapolri. Tetapi siapapun yang mengunggah konten yang melanggar undang-undang akan kita proses dan semua jajaran kepolisian pasti mengejarnya. Sebab itu proses hukum tetap dijalankan. Kita mencari motif di balik semua ini apa? Tapi yang jelas ini membuktikan kemampuan cyber Polri", ucap Kapolri mengakhiri. (red-toc)

Target Operasi.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.