Headlines

Gubsu Edy Rahmayadi Hadiri Deklarasi Pakat Melayu Sumut


(TO - Medan) - Masyarakat Melayu Sumatera Utara (Sumut) menghadiri acara Pakat Akbar Melayu Sumut, bertempat di Emerald Garden Hotel, Jalan KL Yos Sudarso No 1 Medan, Sabtu (26/10/2019). Acara yang dilaksanankan sebagai wujud dan tekad memajukan masyarakat Melayu di Sumut, oleh karenanya sebuah maklumat pun digagas dan dideklarasikan untuk diwujudkan bersama.
Acara diawali dengan tari sambutan selamat datang, penyerahan Maklumat Pakat Melayu oleh Tim Penggagas kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, ramah-tamah, hiburan, dan foto bersama.
Dalam sambutannya Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan, bahwa kunci agar masyarakat Melayu maju dan jaya seperti di masa lalu adalah harus bersatu dan kompak. 
“Masyarakat Melayu Sumut bukan kaleng-kaleng, sejarah di masa lalu sudah memperlihatkan",  ucap Gubsu Edy, yang disambut dengan tepuk tangan meriah dari seluruh undangan.
Namun demikian, kata Edy, masyarakat Melayu Sumut tidak boleh terbuai dengan kejayaan di masa lalu. Menurutnya, hal tersebut harus dijadikan motivasi untuk bekerja lebih keras di masa kini. Sehingga, masa-masa jaya dahulu juga bisa dirasakan kembali saat ini. “Mudah-mudahan, maklumat ini langkah awal menuju ke sana", tuturnya.
Dalam kesempatan tersebut, Edy pun menayangkan master plan atau rencana pembangunan yang akan ia realisasikan di Sumut. Diantaranya, pembangunan Sport Center berstandar internasional, pembangunan LRT Mebidangro, Rumah Sakit Haji, Tol dalam kota, dan lainnya.
“Bantu dan doakan saya, agar semua ini bisa kita realisasikan. Kalian adalah keluarga saya. Beri saya masukan dan ingatkan saya. Percaya pada saya, tak ada niat saya yang lain selain untuk menyejahterakan masyarakat Sumut dan menjadikan Sumut kita ini lebih baik”, ungkap Edy.
Sebelumnya, perwakilan Tim Penggagas maklumat pakat Melayu Agussani mengatakan, bahwa acara ini juga diselenggarakan sekaligus untuk menyambut Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2019, dimana salah satu tokoh penggagas ialah berasal dari Langkat, Sumut yakni Tengku Amir Hamzah.
“Menyahuti perkembangan dunia masa kini, khususnya revolusi industri 4.0, masyarakat Melayu harus menaikkan peran dan fungsinya terhadap pembangunan di wilayah Sumut. Jika tidak dapat beradaptasi, maka masyarakat Melayu bisa tergilas di masa depan. Untuk itu, kita harapkan maklumat pakat Melayu ini nantinya kita laksanakan dan bukan sebatas wacana", harap Agussani.
Adapun butir-butir maklumat yang dideklarasikan dalam Pakat Melayu Sumut yakni memperkuat kehidudan beragama, memperkuat penghayatan dan pelestarian adat budaya Melayu, meningkatkan kualitas SDM berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi, meningkatkan kualitas kehidupan dengan mengembangkan potensi ekonomi, meningkatkan peran masyarakat Melayu dalam politik, meningkatkan kesejahteraan sosial, dan mengusulkan percepatan pembentukan badan percepatan pembangunan pantai timur.
Turut hadir dalam acara tersebut YM Sultan Langkat Tengku Azwar Abdul Jalil Rahmad Shah, YM Sultan Asahan Tengku Kamal Abraham Abdul Jalil Rahmad Shah, YM Sultan Kualuh Tengku Zainul Abidin, YM Sultan Kota Pinang Tengku Mustafa Perkasa Alamsyah, Yang Dipertuan Negeri Bilah Tengku Risfansyah, Yang Dipertuan Negeri Panai Tengku Kelana, YM Sultan Raja Muda Deli Tengku Hamdi Osman Delikan, seluruh Tim Penggagas acara pakat Melayu, alim ulama, ormas Melayu, guru besar dan cendikiawan, rumpun Melayu dari provinsi lain, dan masyarakat Melayu lainnya.
(red)

Target Operasi.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.