Headlines

Akibat Masih di Selimuti Kabut Asap, Tour De Siak 2019 Dipindahkan ke Gedung Daerah Siak


(TO - Siak Sri Indrapura) - Kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) semakin tebal menyelimuti udara kota Siak, Riau. 

Hal itu menjadi alasan utama Pemkab Siak memindahkan pembukaan Tour de Siak, Rabu (18/9/2019) malam ke Gedung Daerah Siak, Kecamatan Mempura.

"Rencana awal pembukaan Tour de Siak ini kita pusatkan di lapangan Tengku Maharatu. Begitu juga dengan Parade atlet, tapi karena kabut asap masih selimuti kota Siak, acara pembukaan nanti kita pusatkan di Gedung Daerah", kata Bupati Siak, Alfedri

Alfedri mengajak masyarakat Siak untuk ikut meramaikan pembukaan Tour de Siak 2019 yang akan dimeriahkan artis dari Jakarta, Andra and the Backbone ini. 

Selain Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, perwakilan Kemenpar RI juga akan hadir saat malam pembukaan acara tersebut.

Mengenai rangkaian agenda Tour de Siak lainnya seperti Fun Bike tetap akan dilangsungkan di lokasi awal yang ditetapkan yakni start dari depan Istana Siak. Sedangkan pembagian doorprize dan lainnya dilanjutkan di Gedung Daerah.

"Kapasitas gedung daerah ini bisa mencapai 3000 orang, artinya pemindahan lokasi pembukaan dari Outdoor ke Indoor ini tidak jadi masalah. Masyarakat tetap bisa mengikuti pembukaan Tour de Siak 2019 karena di gedung daerah efek asap tidak begitu terasa", ujarnya.

Bupati Siak Alfedri menyebutkan, titik api di Siak sejak September relatif sudah tidak ada lagi. Keadaan asap agak berkurang dibandingkan beberapa waktu lalu.

"Asap yang saat ini adalah kiriman dari Indra Hilir (Inhil), Jambi dan Sumsel. Dalam rapat dengan Panglima beberapa waktu lalu menyampaikan upaya maksimal Tim Nasional dalam merekayasa hujan buatan dengan menabur garam 1 ton, 2,5 ton dan 5 ton, sehingga diharapkan keadaan asap kembali menipis", kata Alfedri.

Atas pertimbangan kondisi kabut asap ini, Tour de Siak 2019 dibuka pada Rabu (18/9/2019) sekitar pukul 20.00 WIB. Namun etape 1, 2, 3 dan 4 waktu dimulainya akan disesuaikan dengan kondisi asap. Sedangkan jaraknya diperpendek sesuai dengan keadaan lapangan. 

(Fendi)

Targetoperasi.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.