Headlines

Kapal Roro Akan di Uji Coba, Menpar RI Bayangkan Dumai Seperti Kepri


(TO - Dumai) - Menteri Pariwisata RI Arief Yahya bersama Gubernur Riau Syamsuar dan Walikota Dumai Zulkifli AS beserta rombongan meninjau kesiapan pelabuhan Bandar Sri Junjungan menjadi tempat beroperasinya Roro Dumai -  Malaka.

Menteri Pariwisata RI membayangkan kota Dumai bisa menjadi seperti Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Dikatakan Menpar RI, Arief Yahya, kehadiran kapal Roro dapat meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Riau melalui pintu gerbang Kota Dumai. Provinsi Kepulauan Riau sendiri saat ini menjadi nomor tiga se Indonesia daerah yang menjadi tujuan wisatawan asing, dimana pada urutan pertama adalah Bali dan disusul oleh Jakarta.

"Kita usulkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata adalah destinasi yang ada di Pulau Rupat, namun yang saya inginkan untuk jangka pendeknya adalah Dumai Malaka", kata Menpar RI, Arief Yahya Selasa (20/8/2019), di Dumai.

Disebutkanya, kunjungan wisatawan asing di Provinsi Kepulauan Riau meningkat menjadi 2,5 juta dalam satu tahun, dimana 100 persen wisatawan menggunakan transportasi laut dari Singapura dan Malaysia.

Menpar RI juga berharap Roro Dumai Malaka menjadi penyumbang trafik wisatawan terbesar dan harus didukung oleh semua pihak.

"Pariwisata ini tentang dua hal, yakni kedekatan jarak dan budaya, Dumai - Malaka memenuhi kedua-duanya, yakni jaraknya dekat dan budayanya juga dekat", katanya menjelaskan.

Arief Yahya juga mengatakan, dengan adanya Roro Dumai -  Malaka akan diperkirakan akan beroperasi dua hingga tiga minggu setelah uji coba tersebut.

Saat ini, Pemerintah Provinsi Riau terus memaksimalkan kesiapan operaisonal penyebrangan Roro Dumai - Malaka tersebut dan ditagetkan akan beroperasi pada tahun 2020 mendatang.

"Kita terus mengupayakan kesiapan fasiltas dalam mendukung beroperasinya kapal Roro Dumai -Malaka", kata Gubernur Riau, Syamsuar. 

(Fendi)

Target Operasi.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.