Headlines

Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan, Kabut Asap di Pekanbaru Riau Makin Parah


(TO - Pekanbaru) - Kebakaran hutan dan lahan yang terus terjadi di beberapa wilayah di provinsi Riau mengakibatkan kabut asap. Sedikitnya sejumlah wilayah di Riau diselimuti kabut asap, diantaranya Pekanbaru, Pelalawan, Dumai dan Indragiri Hulu (Inhu).

Di Pekanbaru, kabut asap terlihat semakin pekat. Matahari tak begitu cerah seperti biasanya karena tertutup asap. Bau asap akibat kebakaran lahan juga sangat terasa. 

Kabut asap yang tak kunjung hilang ini dikeluhkan oleh masyarakat Pekanbaru. Rina (29) warga Panam mengaku sangat khawatir jika asap tak kunjung hilang, kesehatan anaknya akan terganggu.

"Anak saya masih umur 2 tahun. Saya khawatir jika asap semakin pekat anak saya sakit. Ini saja anak tak boleh main ke luar rumah. Di kamar saja, AC tetep hidup biar mengurangi bau asap", keluhnya.

Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Marzuki, mengakui jika hari ini asap memang masih menyelimuti Kota Pekanbaru.

"Namun tak hanya Pekanbaru, Pelalawan, Dumai dan juga Inhu masih diselimuti kabut asap", ujar Marzuki.

Ia mengatakan, akibat diselimuti kabut asap, jarak pandang disejumlah wilayah tersebut juga semakin berkurang.

"Untuk Pekanbaru dan Pelalawan jarak pandangnya hanya 2 Kilometer, sementara Inhu jarak pandangnya lebih jauh sedikit, 3 kikometer", jelasnya.

Sebagaimana diberitakan pagi ini terpantau 115 titik panas di Riau. Dari jumlah tersebut, 68 titik dipastikan adalah kebakaran hutan dan lahan karena memiliki level confidence di atas 70 persen. 

(Fendi)

Target Operasi.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.