Headlines

Bantuan ke Korban Gempa dan Tsunami Belum Merata, Ketua KNPI Sulawesi Tengah Angkat Bicara


targetoperasi.com - Ketua KNPI Provinsi Sulawesi Tenggah (Sulteng) Mohammad Nurul Haq Meyesalkan Banyaknya Bantuan Untuk Korban Gempa dan Tsunami Di Palu, Sigi dan Donggala tidak terdistribusi secara baik dan merata.

Saat berada dilapangan Ketua KNPI Bersama Kepala Divisi Intevigasi LPI Tipikor RI Wilayah Sulawesi Tengah Hentje Lukcy Waworudeng masih Banyak menemukan  pengungsi yang belum kebagian Bantuan.

“Saya melihat cara pembagian bantuan yang kurang tepat",  ungkap Ketua KNPI didampingi Kepala Divisi Investigasi LPI Tipikor RI, Sabtu (6/10/2018).

"Kami melihat bantuan di turunkan secara gelondongan di posko-posko pengungsi, seperti halnya Beras di turunkan perkarung, Mie Instan di turunkan Berkardus- kardus", kata Ketua KNPI.

Mohammad Nurul Haq menghimbau, seharusnya bukan diturunkan  secara gelondongan, namun terlebih dahulu dikemas dalam bentuk Paket. Contoh misalnya 1 kantong Plastik kresek di isi beras 3 Liter, Mie Instan 5 bungkus, Telur 5 Butir,  sehingga efektif.

"Kalau secara gelondongan macam nih mau berapa pun enggak akan ada cukup nya", ujar Mohammad Nurul Haq.

Disatu sisi, masih banyak pengungsi yang tidak terdata dan tersentuh bantuan,  karena mereka mengungsi di Areal Halaman depan rumah mereka Masing- masing.

Mestinya ada tim yang bertugas khusus menyisir tempat tersebut misalnya Area Jalan Garuda, Area Tinggede yang dekat dengan Palu, Tondo dan Mamboro.

Bantuan hanya terpusat pada posko- posko besar saja seperti Lapangan Walikota, Dinas Sosial, Bandara Udara, Halaman kantor sepanjang Jl. M. Yamin, Donggala Kodi, dan Balaroa, yang jumlah penggunsinya lebih sedikit dibandingkan pengungsi yang ada di luar yang terpisah- pisah.

Seharusnya di buka Posko Relay di setiap area kemudian tim Relawan di tempatkan secara Propesional agar bantuan terdistribusi secara merata kepada korban gempa dan tsunami.

"Kita harapkan para relawan yang bukan Relawan Teknis seperti Tenaga Medis, dan Tenaga teknis lainnya dapat kiranya membantu untuk mengatur distribusi Bantuan untuk para Penggunsi", ungkap  Ketua KNPI.

Pada intinya bantuan makanan dan minuman dapat di bagi perpaket - paket terlebih dahulu, baru di distribusi kepada pengungsi.

"Kalau kita bicara kekurangan tenaga relawan kita lihat banyak Organisasi atau Ormas yang mau dan Siap Membantu, semua orang mau membantu kok, jadi tak usah khawatir akan kekurang tenaga Relawan", tegas Ketua KNPI dan diaminkan Kepala Devisi Investigasi LPI Tipikor RI Hentje Lucky Waworundeng. (fendi)

Targetoperasi.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.