Headlines

Kapoldasu Berharap Penggali Kubur, Bilal Mayit dan Nazir Mesjid Menjadi Contoh Bagi Polisi


targetoperasi.com - Penggali kubur, bilal mayit dan nazir mesjid merupakan profesi sangat mulia, namun selama ini tidak mendapat perhatian banyak orang.

Hal itu diungkapkan Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Agus Andrianto saat merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H, bersama ribuan penggali kubur, bilal mayit dan nazir mesjid di Lapangan Merdeka Medan, Selasa (11/9/2018).

"Profesi yang selama ini, mungkin yang tidak menjadi perhatian kita sekalian. Profesi penggali kubur, bilal mayit dan nazir mesjid ini adalah profesi yang sangat mulia. Beliau-beliau ini sangat memberikan pelayanan yang sangat tulus, bahkan orang yang dilayani pun tidak sempat mengucap syukur", ucap Kapolda.

Untuk itu, menurut dia, hal inilah yang harus dapat diikuti oleh petugas kepolisan dalam mengemban tugas. Dengan bercermin dari apa yang bisa mereka kerjakan.

"Mudah-mudahan ini menjadi hikmah yang bisa diambil oleh jajaran Poldasu dalam mengemban tugas", ujarnya.

Agus menjelaskan, selain itu, para bilal mayit, penggali kubur dan nazir mesjid ini dapat menjadi promotor untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban di Sumut.

"Karena tanpa peran serta masyarakat sangat mustahil bisa terwujud. Oleh karena itu, kita himbau mari sama-sama kita jaga hubungan kita sesama manusia, agama dan bermasyarakat", jelasnya.

Untuk itu Agus juga meminta kepada jajarannya untuk bisa meneruskan apa yang telah dilaksanakan saat ini, agar dapat merangkul para profesi bilal mayit, penggali kubur dan nazir mesjid. Ia juga berpesan kalau jabatan dan pangkat tidaklah kekal.

"Supaya kita semua bisa ingat kalau jabatan dan pangkat yang disandang setiap manusia itu tidaklah kekal. Oleh karena itu semua akhirnya dikematian. Jadi jangan lupa kita semua akan mati", paparnya.

Agus sendiri meminta doa dan dukungan dari masyarakat terkhusus para bilal mayit, penggali kubur dan nazir mesjid, dalam menjalakan tugasnya sebagai Kapolda Sumut.

"Saya tidak pernah mimpi jadi Kapolda. Ini amanah sangat berat, saya peroleh dari presiden dan Kapolri. Kami mohon dukungan dan doa untuk menjalankan jabatan ini".

Disamping itu, ia juga berharap agar masyarakat dapat ikut bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan yang ada di Sumut. "Perbedaan membuat kita saling sinergi," tandasnya.

Sementara itu, seorang pemandi mayat mengakui Hasim kalau selama ini tidak ada yang memberikan perhatian terhadap para bilal mayit. Padahal, kata dia, profesi pemandi mayat sangat dibutuhkan ditengah masyarakat.

Sedangkan seorang penggali kubur yang datang dari Deliserdang, M Syafii berharap kepada Kapoldasu yang baru, agar tidak pernah melupakan dirinya dan rekan seprofesinya. "Semoga Pak Kapolda semakin sukses, dan jangan lupa dengan kami", kata dia dihadapan Irjen Agus dan para Pejabat Utama Poldasu.

Selain merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H, Irjen Agus Andrianto juga merayakan syukuran atas  dipercayai menjadi Kapolda Sumut. Para bilal mayit, penggali kubur dan nazir mesjid datang dari beberapa daerah seperti, Kabupaten Langkat, Kota Binjai, Belawan, dan Deliserdang. (red)

Targetoperasi.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.