Headlines

Meriahkan HUT RI Ke-73, Penghulu Kampung Bandar Sungai Putra Fajar, Gelar Lomba Toga


targetoperasi.com - Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-73, Penghulu Kampung Bandar Sungai Putra Fajar bekerja sama dengan TP. PKK Bandar Sungai Kecamatan Sabak Auh Kab. Siak, mengadakan serangkaian kegiatan. Salah satunya Lomba Toga.

Pelaksanaan kegiatan Lomba tersebut dimulai pada Hari ini Kamis 23 Agustus 2018, Hal-hal yang dinilai dalam perlombaan tersebut, meliputi antara lain, Jenis dan jumlah Toga yang ada, dan Inovasi Toga, serta sejauh mana memanfaatkan Toga, produk dari hasil Toga atau pemanfaatan hasil Toga yang bisa dikembangkan.

Tim Penilai diambil dari Dinas Kesehatan Sabak Auh, Ibu Misnawati, SKM (Kepala Puskesmas selaku Pendamping Tim Penilai), Deni Zumarni, AMG (Tim Penilai), dan Dinas Pertanian Sabak Auh Ibu Caecilia Mardiati, SP (Tim Penilai).

"Toga selain bermanfaat untuk konservasi lingkungan, juga bisa menunjang ekonomi karena mampu menambah penghasilan keluarga, terlebih di jaman sekarang mempunyai peluang bisnis yang besar dengan adanya pengobatan herbal dengan slogannya “ back to nature". Sebagian tanaman Toga yang ada, ujar Penghulu Bandar Sungai Putra Fajar, disela-sela penilaian Toga.

Tidak lupa penghulu Fajar mengucapkan terima kasih kepada Tim penilai dari Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian Kecamatan Sabak Auh serta segenap Panitia dan kepada Masyarakat Kampung Bandar Sungai yang bertungkulumus menyiapkan berbagai inovasi ditoga RT masing-masing.

"Mereka tidak peduli siang malam begitu semangatnya Masyarakat kami dengan Lomba Toga ini", Ungkap Putra Fajar Sambil Terseyum Manis meyaksikan lomba ini.

Misnawati, SKM  Kepala Puskesmas selaku Pendamping Tim Penilai mengapresiasi terlaksananya Acara lomba Toga antar RT yang diadakan Penghulu Bandar Sungai berserta Masyarakat.

"Masyarakat bisa termotivasi untuk melaksanakan upaya peningkatan kesejahteraan dan kesehatan dengan lebih baik", Ungkap Misnawati.

Untuk menunjang keberhasilan pembangunan bidang kesehatan, tentunya tidak hanya mengandalkan upaya dari pemerintah saja, tetapi sangat diperlukan adanya peran serta aktif masyarakat.

Wadah yang tepat bagi masyarakat untuk berkiprah dalam pembangunan bidang kesehatan adalah melalui pelaksanaan kegiatan Posyandu dan juga kelompok pembudidayaan tanaman obat di lingkungan sekitar melalui Toga.

Adapun yang keluar sebagai Pemenang pada lomba Toga kali ini adalah : Juara I RT 01/RW 01, Juara II RT 06/RW 03, Juara III RT 07/RW 04,  Kampung Bandar Sungai Kecamatan Sabak Auh Siak.

Sumiati Ibu Ketua RT 01 kelompok Toga Sumber Sehat berharap kegiatan yang dilakukan ini nantinya berlanjut.

"Bukan semata-mata untuk meraih prestasi, Terlebih Pemerintah Kampung sangat mendukung Toga ini tinggal kita bergerak lagi, sebab adanya taman herbal yang ada di rumah bisa sebagai obat dan bisa sebagai taman, diharapkan kedepan dapat dibuat di tempat lainnya, sehingga tahun depan bisa semakin semarak lagi", ungkap Ibu RT 01 Sumiati yang mengaku senang dengan digelarnya acara lomba tersebut. (fendi)

Target Operasi.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.