Headlines

Upacara Hari Lahir Pancasila ke-73 Tahun 2018 di Lapangan Benteng Medan


targetoperasi.com - Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Ibnu Triwidodo, SIP menghadiri upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ke-73 Tahun 2018 tingkat Provinsi Sumatera Utara bertempat di Lapangan Benteng Medan, Jumat (1/6/2018).

Upacara dipimpin Inspektur Upacara (Irup) Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi dengan Komandan Upacara (Danup) Letkol Czi Rielman Yudha, Komandan Batalyon Zeni Tempur (Danyon Zipur) I/Dhira Dharma, Kodam I/BB.

Di kesempatan itu, Gubsu membacakan sambutan tertulis Presiden RI Joko Widodo. Presiden mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menjadikan peringatan Hari Lahir Pancasila sebagai momen pengingat, pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

"Marilah kita terus amalkan warisan mulia dari founding fathers ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia", ujar Presiden seperti dibacakan Gubsu.

Karena, negara manapun di dunia ini akan selalu berproses menjadi masyarakat yang bhinneka dan majemuk. Seringkali kemajemukan ini juga dibayang-bayangi oleh risiko intoleransi, ketidakbersatuan dan ketidakgotongroyongan.

"Saatnya kita berbagi pengalaman dalam ber-Bhinneka Tunggal Ika, dalam bertoleransi serta dalam membangun persatuan dan kebersamaan. Saatnya kita berbagi pengalaman dalam mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial", sebutnya.

Dalam suasana bulan suci Ramadhan yang penuh berkah, Presiden mengajak seluruh masyarakat memanfaatkannya sebagai momentum untuk memperkuat etos peduli dan berbagi.

"Semangat gotong-royong yang merupakan budaya luhur bangsa harus terus kita pupuk sebagai sumber energi besar bangsa Indonesia untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat", ucapnya.

Usai upacara, Pangdam I/BB menegaskan, Hari Lahir Pancasila perlu disosialisasikan, dihidupkan dan dipelihara. Dan yang paling penting dari itu, bagaimana Pancasila itu bisa diimplementasikan dalam seluruh aspek kehidupan berbangsa.

"Bagaimana Pancasila ini bisa diimplementasikan mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga jenjang pendidikan tertinggi, agar nilai-nilai kepribadian bangsa itu tidak hilang", jelasnya.

Senada dengan itu, Gubsu juga mengajak seluruh masyarakat Sumatera Utara untuk menjadikan Hari Lahir Pancasila sebagai momen untuk menjaga persatuan dan menghindari perpecahan.

"Mari kita jaga Pancasila. Jangan mau kita diadu domba. Apalagi, hari ini adalah era IT, media sosial dan lain sebagainya, yang mungkin ada berita-berita yang memperkeruh suasana yang dapat membuat kita terpecah-pecah", ucapnya.

Begitu juga dengan penjelaskan Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw. Dia mengingatkan bahwa momentum peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat menghindarkan masyarakat dari saling bermusuhan satu dengan yang lain, antara anak bangsa. "Kalau mau melawan, lawanlah musuh yang di luar sana. Bukan melawan sesama warga bangsa ini", tegasnya.

Upacara turut diikuti Danlantamal I Belawan Laskma TNI Ali Triswanto, Pangkosekhanudnas III Medan Marsma TNI Ir Tri Bowo Budi Santoso, para pejabat TNI dari tiga matra, pejabat Polda Sumut, ASN Pemprovsu, dan Pemko Medan. (Red)

Target Operasi.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.