Headlines

Poldasu Mencatat, Jelang Arus Mudik Lebaran Ada 41 Titik Rawan Kemacetan

                  Ilustrasi

targetoperasi.com - Jelang arus mudik lebaran, Polda Sumut (Poldasu) mencatat ada 41 titik rawan kemacetan di wilayah Sumatera Utara (Sumut). Untuk mengantisipasi hal tersebut, selain mengerahkan personil dari Ditlantas, Poldasu juga akan dibantu dari petugas Dinas Perhubungan (Dishub) untuk mengurai jalur-jalur kemacetan.

"Ada 7.759 personil nantinya yang dilibatkan dalam pengamanan lebaran. Tidak hanya dari Ditlantas tapi juga dari Dishub", ujar Kabid Humas Polda Sumut, AKBP Tatan Dirsan Atmaja kepada wartawan, Selasa (5/6/2018).

AKBP Tatan menyebutkan, 41 titik rawan kemacetan tersebut meliputi wilayah, Polrestabes Medan sebanyak 4 titik, Binjai 3 titik, Tebing Tinggi 3 titik, Langkat 1 titik, Simalungun 1 titik, Asahan 1 titik dan Labuhanbatu 6 titik.Kemudian, wilayah Polres Tanah Karo sebanyak 6 titik, Tapanuli Utara (Taput) 1 titik, Dairi 2 titik, Belawan 3 titik, Padangsidempuan 1 titik, Tanjungbalai 2 titik, Tapanuli Selatan (Tapsel) 2 titik, Sibolga 1 titik serta Samosir 1 titik. "Keseluruhannya ada 41 titik rawan kemacetan di wilayah sumut", sebutnya.

Sebelumnya, AKBP Tatan menyampaikan, untuk pengamanan lebaran selain polisi, operasi ini juga akan melibatkan unsur lain sebesar 2.088 personil. Jumlah ini berasal dari TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas PU Bina Marga, Dinas Pencegah Pemadam Kebakaran, dan juga Pramuka.

Tak hanya itu, sebanyak 102 pos pengamanan pun akan didirikan. Pos ini sebagian besar berada di Polres-Polres, begitu juga ada sebanyak 33 pos pelayanan dan pos terpadu.

"Salah satu yang harus diantisipasi pada saat ini adalah masalah terorisme. Karena itu, peran dari tiga pilar yaitu Babinsa, Babinkamtibnas dan kepala desa sangat strategis. Kepada Kapolres untuk sinergi dengan tiga pilar ini", jelasnya.

Namun dalam hal ini, AKBP Tatan menghimbau, agar masyarakat dapat berhati-hati dalam melaksanakan mudik nanti. Sebab, Poldasu mencatat, terdapat sebanyak 54 lokasi rawan longsor, 33 lokasi rawan banjir, 77 lokasi rawan kecelakaan lalulintas, serta 41 lokasi rawan macet di Sumut. (Ril)

Targetoperasi.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.