Headlines

Dalam Rangka Pengamanan Lebaran Polda Sumut Terjunkan 7.759 Personil


targetoperasi.com - Dalam rangka mengamankan Lebaran Idul Fitri 2018, Polda Sumatera Utara (Sumut) mengerahkan sebanyak 7.759 personel untuk disiagakan.

Kabid Humas Polda Sumut, AKBP Tatan Dirsan Atmaja menyampaikan, pengamanan ini dilakukan dalam operasi Ketupat Toba yang berlangsung selama 18 hari, mulai 6 Juni hingga 23 Juni 2018 mendatang.

"Sebanyak 7.759 personel yang terlibat dalam operasi Ketupat Toba 2018 ini terdiri dari 7.159 personel di wilayah (Polres) dan 600 personel di Polda Sumut", jelasnya kepada wartawan, Minggu (3/6/2018).

Selain polisi, lanjut AKBP Tatan, operasi ini juga akan melibatkan unsur lain sebesar 2.088 personel. Jumlah ini berasal dari TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas PU Bina Marga, Dinas Pencegah Pemadam Kebakaran, dan juga Pramuka.

Tak hanya itu, sambung Tatan, sebanyak 102 pos pengamanan pun akan didirikan. Pos ini sebagian besar berada di Polres-Polres, begitu juga ada sebanyak 33 pos pelayanan dan pos terpadu.

"Salah satu yang harus diantisipasi pada saat ini adalah masalah terorisme. Karena itu, peran dari tiga pilar yaitu Babinsa, Babinkamtibnas dan kepala desa sangat strategis. Kepada Kapolres untuk sinergi dengan tiga pilar ini", urainya.

Namun dalam hal ini, Tatan menghimbau agar masyarakat dapat berhati-hati dalam melaksanakan mudik nanti. Sebab, Polda Sumut mencatat, terdapat sebanyak 54 lokasi rawan longsor, 33 lokasi rawan banjir, 77 lokasi rawan kecelakaan lalulintas, serta 41 lokasi rawan macet di Sumut.

Sebelumnya, Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw, telah melakukan rapat koordinasi lintas sektoral operasi Ketupat Toba 2018 di Mapolda Sumut, pada Rabu (30/5) kemarin terkait pengamanan hari Raya Idul Fitri.

Rapat ini dihadiri Wakil Gubernur Sumut Nurhajizah Marpaung, Wali Kota Medan Tengku Dzulmi Eldin, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, Bulog Sumut, Pertamina Sumut, Kanwil Kemenag Sumut, BMKG Sumut, dan pihak terkait lain.

"Rapat kita kali ini adalah konsolidasi guna menyamakan persepsi sekaligus meminta masukan dari instansi terkait", kata Kapolda. (red)

Targetoperasi.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.