Headlines

BBPOM Ungkap Peredaran Ribuan Butir Obat Palsu


targetoperasi.com  - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Medan menyita ribuan butir obat palsu dari empat tersangka yang diamankan karena diduga mengedarkannya.

Sumber yang diterima, obat yang diamankan terdiri dari 5.093 butir kapsul antibiotik Chlorampenicol, 2.100 butir pil KB Microgynon, 90 butir obat alergi Nizoral, dan 200 tablet antidiare Imodium.

Penggagalan peredaran obat palsu ini berawal dari temuan BBPOM di Kabupaten Deli Serdang dan Batu Bara sekitar 6 bulan lalu. Pengembangan pun dilakukan berkoordinasi dengan Polda Sumut.

"Kita awalnya menemukan peredaran obat palsu, lalu melakukan tangkap tangan pada seorang pengedar saat akan menjual ke apotik", ujar   Yulius Sacramento Tarigan, Kepala BBPOM Medan, Rabu (14/3/2018).

Pada Selasa (13/3/2018), tim gabungan BBPOM dan Polda Sumut melakukan tangkap tangan terhadap JMS yang sedang menjual obat palsu ke Apotik SH di Hamparan Perak, Deli Serdang. Dari jok sepeda motornya disita 1.000 kapsul Chloramphenicol, 90 tablet Nizoral dan 200 butir Imodium palsu.

Tak hanya itu saja, petugas kemudian melakukan pengembangan. Tiga tersangka lain, yakni JS, NB dan RS, diamankan dari lokasi terpisah.

Mereka diketahui memasok ribuan butir obat palsu ke Apotik IF dan Apotik SH di Deli Serdang, serta Apotik DR di Simalungun. Dari ketiga apotik itu disita ribuan butir obat palsu yang dipasok tersangka, termasuk 2.100 tablet pil KB Microgynon. (Red)

Targetoperasi.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.