Headlines

Presiden Himbau Masyarakat Waspada Terhadap Gempa Susulan



targetoperasi.com - Presiden Joko Widodo terus memantau proses penanganan di lapangan terkait gempa yang berpusat di kawasan Tasikmalaya. Jokowi mengimbau warga agar waspada terhadap adanya gempa susulan yang bahkan bisa memicu tsunami.

"Saya menghimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap gempa terutama yang berada di tengah laut karena itu bisa menimbulkan tsunami," ujar  Jokowi seperti yang disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/12/2017).

Hal itu disampaikan Jokowi setelah menghadiri Apel Kebangsaan Pemuda Islam Indonesia di pelataran Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (16/12).

Jokowi mengatakan, setelah kejadian gempa 6,9 SR yang berpusat di kawasan Tasikmalaya,  dirinya memastikan sistem peringatan dini terhadap bencana di Indonesia telah berjalan dengan semestinya.

"Saya kira masyarakat tidak perlu terlalu resah karena peristiwa tadi malam menunjukkan bahwa peringatan dan evakuasi mandiri suatu yang bagus, karena negara kita memang dikelilingi oleh titik gempa," ucapnya.

Selain itu, Jokowi juga mengapresiasi respons langsung yang diberikan masyarakat terhadap peringatan dini yang diberikan BMKG terkait potensi tsunami setelah gempa terjadi. Jokowi sendiri mengaku terus memantau kabar tersebut hingga pukul 03.00 WIB.

" Masyarakat merespon  langsung peringatan yang diberikan mengenai kemungkinan adanya tsunami dan mengevakuasi mandiri dengan diarahkan oleh aparat kita. Saya kira ini sebuah hal yang sangat baik dan Alhamdulillah sudah tidak terjadi apa-apa. Masyarakat sudah kembali ke rumah dan penanganan dampak dari gempa tadi malam juga telah dilakukan," tuturnya.

Terkait dengan adanya korban jiwa dan kerusakan akibat gempa tersebut, Jokowi juga mengaku telah menerima laporan. Dia akan terus memantau kondisi terkini dari penanganan korban gempa dan sejumlah kerusakan itu. (Net)

Target Operasi.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.