Headlines

Waspada, Jalan Siak Menuju Bungaraya Sangat Licin



(TO - SIAK) - Jalan kabupaten dari Siak menuju Kecamatan Bungaraya yang sulit dilintasi karena banyaknya lubang, akhirnya ditimbun oleh Dinas PU Tarukim Siak.


Tapi penimbunan yang merupakan solusi awal dari Dinas PU Tarukim, bukan mempermudah masyarakat melintasi jalan itu, malah sebaliknya, masyarakat kesulitan melintas karena tanahnya lengket, sepeda motor menjadi berat, jika tidak hati-hati bisa terjatuh.

Seperti dikatakan Nata (21) pekerja bangunan yang membawa sepeda motor jenis  Ninja ketika melintasi jalan itu Kalau pasir, mungkin masih bisa dimaklumi, ini yang digunakan untuk menimbun jalan yang berlubang itu seperti tanah liat. 

“Jika tidak percaya lihat langsung ke sana, biar jelas. Sebab saya hampir terjatuh, karena motor saya menggunakan kopling,” terang Nata.

Keluhan yang sama disam­paikan Gunawan warga Sungai Apit, dia berboncengan dengan temannya. Ada keperluan yang harus diurusnya ke Siak.

Gunawan mengaku kaget melihat jalan sudah berubah dari jalanan berlubang menjadi timbunan tanah. Dan semakin kaget ketika melintasinya, bukan malah mudah tapi seolah terperosok.

“Saya meminta pihak dinas terkait untuk serius dalam bekerja, ingat jugalah keselamatan warga. Pilihlah tanah timbun yang jika dilintasi tidak mencelakakan orang,” ucap Gunawan dengan nada tinggi.

Kalau sempat jatuh tadi, tentulah tak berbentuk lagi. Sebab badan dia dan temannya sama-sama besar.

Ia hanya berharap kepada Pemkab Siak khususnya Dinas PU Tarukim agar jalan tersebut segera diperbaiki agar layak dilintasi.

“Ya semoga lekas diaspal agar bisa dinikmati warga, letih begini terus melihat kondisi jalan yang parah,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Tarukim Siak melalui Bidang Bina Marga, Ari Nofrizal saat  mengaku kalau jalan terse­but hanya akan ditimbun dahulu.

“Sementara waktu kami timbun dulu,” kata Ari Nofrizal melalui pesan Whatsapp ( WA )

Dikatakannya, Dinas PU Tarukim akan memperbaiki jalan tersebut tahun ini. Saat ini pihaknya sedang melakukan proses kontrak kerja dengan rekanan.

“Sekarang proses kontrak, kami harap dalam waktu dekat udah mulai kerja,” kata Ari.

Disinggung soal anggaran untuk memperbaiki jalan tersebut, menurut Ari pihaknya menganggarkan Rp 4 miliar untuk memperbaiki jalan Siak menuju Bunga Raya. Sementara Bungaraya menuju Sabakauh Rp 4,5 miliar.

Dari penelusuran melalui web lpse.siakkab.go.id, Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas PU Tarukim sudah melakukan pengadaan aspal pengerjaan pemeliharaan rutin jalan Kabupaten Siak wilayah IV yaitu Kecamatan Sabak Auh, Kecamatan Sungai Apit, Kecamatan Bunga Raya, Kecamatan Pusako dengan cara swakelola dengan paguanggaran sebesar Rp 235 juta lebih melalui dana APBD 2021.

Tidak hanya itu, Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas PU Tarukim juga sudah selesai melakukan proses lelang untuk pekerjaan pemeiharaan berkala Siak menuju Bunga Raya dengan aspal sebesar Rp 3,9 miliar lebih melalui dana ABPD 2021.


(fendi)

Target Operasi.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.