Headlines

Tak Puas Dengan Uang Ganti Rugi Penggusuran, Ratusan Warga Demo Ke Stasiun PJKA Belawan


targetoperasi.com - Sedikitnya ratusan warga korban penggusuran, mendemo Stasiun KAI Belawan, Senin (28/8/2017). Pasalnya mereka mengaku tidak puas menerima uang kerohiman yang diberikan PT.KAI sebesar Rp.1.500.000, yang diterima warga Jalan Stasiun dari mulai Kampung Salam sampai dengan Pajak Pisang Belawan.

Ratusan warga yang akan digusur ini meminta kepada pihak PT.KAI agar memberikan tempat yang layak bila mau digusur, atau diberikan uang yang layak sesuai untuk pindah. Karena menurut mereka tidak pantas diberi uang hanya Rp.1.500.000, lalu mereka diusir dan disuruh pindah begitu saja.

Dalam orasinya warga korban penggusuran meminta agar pihak PT.KAI bertindak lebih manusiawi lagi kepada warga, dan jangan seenaknya  memberikan uang kerohiman.

Sulais Taufik selaku kordinator yang mewakili para pendemo.mengatakan, “Kami disini menyewa dan membeli lahan dari pihak PT.KAI dari tahun 2003 lalu sampai sekarang. Dan kenapa sekarang pihak PT.KAI mau menggusur kami seenaknya dan hanya memberikan uang kerohiman yang tidak sesuai. Kami disini membeli dan bukan penggara”, ucap Sulais Taufik.

Setelah para pendemo mulai memanas, Kapolsek Belawan Kompol Eddi Supriyanto menenangkan para pendemo dan meminta para pendemo untuk bisa menahan diri dan tidak berlaku anarkis. Karena Belawan ini sudah kondusip dan jangan dibuat ribut. Pihak Polsek Belawan akan menjembatani bertemu Kepala Stasiun PT. KAI Belawan.

Akhirnya setelah Kapolsek Belawan Kompol Eddi Supriyanto menemui Arianto Siregar Kepala Stasiun PT.KAI Belawan, Kepala Stasiun bersedia menemui perwakilan para pendemo sebanyak lima orang keruangannya.

Tapi setelah ketemu diruangan Kepala Stasiun Belawan dan diadakan musyawarah kepada perwakilan pendemo tidak ditemukan kemupakatan serta Arianto Siregar tidak bisa memutuskan keinginan perwakilan para pendemo. Akhirnya para perwakilan pendemo menyerahkan semua masalah.ini ke DPRD Sumut.

Arianto Siregar Kepala Stasiun PT.KAI Belawan ketika dikomfirmasi terkait adanya sewa dan jual lahan yang dilakukan oleh pihak PT.KAI kepada para pemakai lahan yang akan digusur oleh pihak PT.KAI seperti yang dikatakan kordinator pendemo Sulais Taufik, Kepala Stasiun ini mengatakan ” udahlah jangan ditarik tarik lagi masa yang lalu, karena waktu.itu pejabatnya masih punya power jadi bisa berbuat apa saja. Yang jelas sekarang pihak PT.KAI mau mempergunakan lahan ini”, ucap Arianto Siregar.

Pantauan dilapangan para pendemo dikawal ketat oleh Personil Polsek Balawan dan Personil Polres Pelabuhan Balawan, hingga berakhirnya aksi tersebut. (red/ril)

Targetoperasi.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.